Wajib Datang, 10 Tempat Wisata Berastagi yang Instagramable
Wajib Datang 10 Tempat Wisata Berastagi yang Instagramable

Tersedia berbagai pilihan tempat wisata menarik Berikut 10 Tempat Wisata Berastagi yang Instagramable, Wajib di Datangi

Kalo kalian jalan jalan ke Sumatra Utara jangan lupa untuk mampir ke Berastagi, bagian dari Kabupaten Karo dan berjarak sekitar 66 kilometer dari kota Medan. Kota ini menjadi “Puncak” versi orang Medan. Bagi sobat Baumbers yang tinggal di Medan dan sekitarnya, pasti sudah familiar dengan kota ini, kan?

Berastagi juga menyandang status sebagai kota kedua terbesar di Dataran Tinggi Karo. Kota terbesar pertama tentu saja kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Maka, wajar jika aktivitas perekonomian di kota berudara dingin ini terbilang ramai.

Dengan anugerah tanah subur dan udara sejuk, roda perekonomian Berastagi berfokus pada produksi buah-buahan dan sayuran, serta pariwisata. Sama seperti Puncak, Jawa Barat, Berastagi juga dikenal karena hasil buminya melimpah, sehingga menempatkan kota ini sebagai penghasil buah-buahan dan sayuran terbesar di Sumatera Utara.

Kamu bisa berkunjung ke tempat wisata Medan Berastagi yang kerap ramai pada saat akhir pekan tiba. Tersedia berbagai pilihan tempat wisata menarik Berikut 10 Tempat Wisata di Berastagi yang instagramable, Wajib Kalian Datangi

1. Wisata Religi di Taman Alam Lumbini

Tak perlu jauh-jauh datang ke Myanmar untuk menikmati keindahan pagoda emas, Di Taman Alam Lumbini kalian bisa dijumpai di Desa Tongkoh, Dolat Rayat, Berastagi. Begitu kamu menginjakkan kaki di sini, sebuah pagoda emas menjulang tinggi langsung mencuri perhatian.

Ternyata, pagoda ini replika Pagoda Shwedagon atau Pagoda Emas Yangon di Myanmar. Tinggi bangunan unik ini mencapai 46,8 meter, membuatnya tercatat sebagai stupa tertinggi di Indonesia. Nggak hanya itu, pagoda ini juga menjadi nomor dua paling tinggi di Asia Tenggara.

Sebuah taman indah tampil selaras dengan suasana alam di sekitarnya. Kamu bisa berfoto di atas jembatan gantung sepanjang 20 meter sambil menikmati keindahan taman yang tertata apikkalian wajib datang kesini.

2. Wajib Datang keDanau Lau Kawar

Danau Lau Kawar adalah sebuah danau eksotis yang berada persis di kaki Gunung Sinabung, tepatnya di Desa Kuta Gugung, Naman Teran. butuh waktu sekitar 50 menit perjalanan dari pusat kota Berastagi untuk tiba di sini.

Danau Lau Kawar memang nggak seluas Danau Toba. Namanya juga pasti kurang akrab di telinga baumber dari luar Sumatera Utara. Namun, kamu bisa menemukan keasrian di danau ini. Apalagi, hutan pepohonan rimbun mengelilingi danau yang relatif tenang ini, membuat Danau Lau Kawar punya pesona tersendiri.

Oya, selain mengagumi kemolekan alam Danau Lau Kawar, baumber juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Misalnya, berenang, berkemah, memancing, fotografi, atau sekadar bermain air di tepi danau.

3. Wajib Datang Ke Pasar Buah Berastagi

Wajib Datang 10 Tempat Wisata Berastagi yang Instagramable

10 Tempat Wisata Berastagi yang Instagramable

Baumber sekalian ada yang berbeda dari Berastagi, disini kalian wajib kunjungi Pasar Buah Berastagi, kenapa demikian karena disi memili spot poto yang boleh dikatan lumayan bagus, kalian bisa lansung berinteraksi di tempat ini, sebetulnya di tempat ini kalian bisa menjumpai pedagang buah lokal hampir di seluruh tempat wisata. Namun, kamu akan merasakan sensasi berbeda ketika mampir ke Pasar Buah Berastagi. Lokasi pasar buah ini masih searah dengan Bukit Gundaling.

Sesuai namanya, sobat tiket bakal disambut oleh deretan pedagang yang menjajakan buah-buahan segar.

Wajar kalau harganya jauh lebih murah daripada kamu beli di kota Medan. Oya, selain buah-buahan dan sayuran, kamu juga bisa bawa pulang bibit bunga, aksesoris, dan camilan khas Berastagi dari pasar ini.

4. Wajib Datang ke Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-Debuk

Wajib Datang 10 Tempat Wisata Berastagi yang Instagramable

Tempat wisata di Berastagi terpopuler berikutnya adalah Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-Debuk. Pemandian ini terletak di Desa Daulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo. Kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 58 kilometer dari Kota Medan.

Pemandian air panas ini memiliki sumber air panas alami dengan belerang yang berasal dari lava Gunung Sibayak sehingga cocok dijadikan untuk sekedar relaksasi dan merasakan hangatnya air belerang ditambah sejuknya udara pegunungan.

5. Wajib Datang ke Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna merupakan destinasi wisata di Berastagi yang wajib dikunjungi. Air terjun ini terletak di Kawasan Perkemahan Sibolangit yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan debit air yang cukup deras.

Mirip namanya, air terjun ini memiliki dua warna, yaitu biru dan hijau. Aliran air yang mengalir ke air terjun ini berasal dari arus sungai yang terbentuk berkat letusan Gunung Sibayak. Walaupun mengandung belerang, air di tempat ini cenderung tidak lengket dan tidak beraroma belerang sama sekali.

6. Wajib Datang ke Desa Peceren

Wajib Datang 10 Tempat Wisata Berastagi yang Instagramable

Tempat wisata di Berastagi berikutnya adalah Destinasi Desa Peceran. Desa ini merupakan salah satu desa budaya yang masing memegang teguh tradisi dan budaya suku Karo.

Berkunjung ke sini kamu akan disuguhkan berbagai mavam wisata sejarah dan budaya Karo. Mulai dari rumah adat hingga kehidupan budaya masyarakat sekitar, semuanya bisa kamu nikmati di tempat ini.

Salah satu tempat palin menarik yang selalu menjadi buruan wisatawan saat berkunjung ke tempat ini adalah rumah adat suku Karo. Ada sekitar enam rumah adat di desa ini.

7. Wajib Datang ke Desa Lingga

Wajib Datang 10 Tempat Wisata Berastagi yang Instagramable

Tempat wisata berikutnya di Berastagi adalah Kampung Tradisional Desa Lingga. Tempat wisata ini berlokasi 15 kilometer dari pusat Kota Berastagi. Kampung ini merupakan salah satu dari beberapa kampung di Kari yang masih menjaga budaya dan tradisi suku Karo.

Desa Lingga ini terletak sekitar 1.200 mdpl. Ada banyak bangunan rumah tradisional atau rumah adat suku Karo yang sudah berusia lebih dari 250 tahun. Selain rumah adat, Desa Lingga juga memiliki banyak bangunan tradisional lainnya seperti Jambur, Geriten, Sapo Page, Museum, dan lain sebagainya.

Seluruh bangunan tradisional yang didirakan menggunakan arsitektur bangunan tradisonal suku Karo, yaitu berbentuk memanjang dengan satu ruangan besar di dalamnya tanpa ruang kamar mandi. Uniknya lagi, satu bangunan rumah adat bisa menampung 8 hingga 10 keluarga. Hal ini dikarenakan rumah adat ini tidak memiliki ruang kamar.

8. Wajib Datang ke Penatapan Berastagi

Wajib Datang 10 Tempat Wisata Berastagi yang Instagramable

Penatapan Berastagi merupakan tempat wisata yang cocok dikunjungi untuk melepas penat. Di tempat ini kamu bisa duduk-duduk santai sembari menikmati pemandangan alam dan sajian kuliner sederhana seperti mi rebus dan jagung bakar.

Kondisi alam di sekitar Penatapan ini benar-benar masih asri. Kondisi udaranya masih sangat segar dengan pepohonan besar yang tumbuh di seluruh bagian penjuru wilayahnya. Ketika berkunjung saat malam hari, kamu akan menyaksikan pemandangan cantik. Pasalnya kamu akan melihat kelap-kelip lampu kota yang indah, ditemani dengan sajian kuliner.

9. Wajib Datang ke Air Terjun Sikulikap

Wajib Datang 10 Tempat Wisata Berastagi yang Instagramable

Air terjun sikulikap terletak di tengah hutan Penatapan tepatnya di Jalan Jamin Ginting Km 54 Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo. Air terjun ini berdampingan lokasinya dengan objek wisata kuliner Panatapan yang berada di Hutan Hujan Tropis yang lebat.

Tiba di lokasi air terjun ini, kamu akan melihat sebuah pemandangan yang luar biasa yaitu air terjun yang sangat indah di kelilingi alam yang hijau dengan aliran air yang deras dan banyak batu-batu besar di bawahnya. Selain itu, air terjun ini juga memiliki dinding-dinding batu yang cadas. Dulunya, tempat ini sering di jadikan ajang Climbing atau Panjat Tebing oleh para pecinta alam.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter layak dijadikan sebagai tempat wisata. Aliran air terjun ini berasal dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan yang termasuk ke dalam salah satu daerah kawasan hutan lindung.

Air terjun Sikulikap ini dapat di tempuh dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari kota Medan. Pintu masuk ke lokasi air terjun ini berada di dekat gerbang atau gapura perbatasan Kabupaten Deli Serdang dengan Kabupaten Karo.

10. Wajib Datang ke Lembah Seribu Bunga di Berastagi

Wajib Datang 10 Tempat Wisata Berastagi yang Instagramable

Bunga bisa menjadi mahkota keindahan suatu tempat. Hal ini mungkin yang mendasari pemerintah Kabupaten Karo untuk membuat taman bunga di wilayahnya. Dikenal sebagai Lembah Seribu Bunga atau Sapo Juma, taman bunga ini sebenarnya tidak terletak persis di Berastagi. Lembah Seribu Bunga tepatnya berlokasi di Desa Barusjahe, Kabupaten Karo, yang memang berada tidak jauh dari Berastagi.Taman seribu bunga ini ditata dengan dipangkas membentuk rupa yang rapi dan elok. Dibuka pertama kali sekitar tahun 2016 lalu, taman ini adalah sebuah lembah yang ditanami ribuan bunga dengan dominasi warna merah jambu atau pink. Beraneka macam bunga dengan warna beragam bisa Anda temukan di tempat ini.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sini antara lain berjalan-jalan mengitari taman, berfoto atau berselfie ria, menikmati indahnya Lembah Seribu Bunga, atau berwisata ke rumah-rumah adat suku Batak yang terletak di Kecamatan Barusjahe. Rumah-rumah adat ini cukup unik karena memiliki jumlah kamar tidur yang cukup banyak, mencapai 8 sampai 12 unit di setiap rumah.

Meski tergolong tempat wisata yang cukup anyar, namun fasilitas yang disediakan di Lembah Seribu Bunga ini bisa dikatakan sudah cukup memadai. Di tempat ini, wisatawan bisa menemukan area camping, toilet, musala, tempat makan, hingga penginapan. Sayangnya, akses jalan ke sana memang masih belum begitu baik, perlu perjuangan untuk bisa sampai ke tempat wisata ini.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *