Pasar Terapung Lok Baintan, Berwisata sambil Menikmati Khasanah Budaya Lokal
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Pasar Terapung Lok Baintan adalah yang paling ramai, terletak di Sungai Pinang, Banjar dan hanya 20 km dari Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan Banjarmasin dan Sekitar 15 Km dari Kota Martapura.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Baumbers, Pulau Kalimatan yang dianugerahi sungai-sungai elok yang mengalir di sepanjang perkotaannya, memang memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh pulau lainnya di Indonesia salah satunya yaitu adanya pasar terapung.

Dahulu pasar terapung seperti Lok Baintan banyak sekali ditemui di daerah Kalimantan, namun seiring berkembangnya zaman keberadaan mereka pun mulai berkurang. Beberapa upaya pun telah ditempuh pemerintah setempat untuk turut melestarikan adanya tradisi pasar terapung ini.

Pasar terapung yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan ini juga tak hanya di Muara Kuin saja, namun juga ada di Kabupaten Banjar yakni pasar terapung Lok Baintan namanya. Karena lokasinya yang berada di salah satu anakan Sungai Martapura yang bernama Lok Baintan, menjadikan lokasi pasar terapung ini lebih dikenal dengan sebutan pasar terapung Lok Baintan.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Pasar Terapung Lok Baintan adalah yang paling ramai, terletak di Sungai Pinang, Banjar dan hanya 20 km dari Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan Banjarmasin dan Sekitar 15 Km dari Kota Martapura.

Yang menjadikan Pasar Terapung Lok Baintan berbeda dan lebih unik biasanya para pembelinya menggunakan metode barter. Mata uang bukan menjadi alat pembayaran utama disini. Jadi umunya, orang-orang akan menukarkan hasil bumi mereka seperti sayur mayur dan buah-buahan dan jumlah penukarannya tergantung pada kesepakatan antara pembeli dan penjual

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Pasar Terapung tersebut merupakan Pasar Lok Baintan. Saking terkenalnya, Pasar Terapung Lok Baintan di perkirakan merupakan Pasar Terapung tertua yang sudah berusia lebih dari ratusan taun lalu dan digunakan sebagai pusat perekonomian.

Pasar terapung ini terletak di Desa Lok Baintan, kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Pasar Terapung Lok Baintan tersebut merupakan pasar terapung yang terletak di aliran sungai Martapura dan tidak kalah dengan pasar Terapung Muara Kuin.

Untuk menuju ke pasar terapung Lok Baintan, traveller bisa melakukan dua cara perjalanan. Pertama yaitu dengan menyusuri sungai martapura dengan menggunakan Perahu Klotok. Alternative kedua adalah menggunakan kendaran darat atau mobil.

Lokasinya yang berada di pedalaman akan membuat Baumbers melihat sensasi perjalanan ang lebih menantang , unik dengan di kelilingi keindahan alam dan pemandangan sekitar yang masih alami nan perawan. Mulai dari kehidupan budaya masyarakat Banjar yang akan mendekatkan traveller ke alam.

Pasar Terapung Lok Baintan saat ini lebih asik untuk di kunjungi. Karena segala aktifitas perekonomian yang dilakukan diatas sungai sudah tidak lagi terganggu oleh kapal pesiar penari tongkang batubara dan pengangkut hasil hutan lainnya.

Traveller juga bisa menikmati jembatan gantung bertali baja yang membentang dari masing-masing sungai. Dari lokasi ini traveller bisa mengambil gambar untuk mengabadikan eksotisme pasar terapung Lok Baintan, terlebih ketika sore atau pagi hari, suasana tampak lebih indah.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Uniknya lagi ketika traveller berada di Pasar Terapung Lok Baintan, traveller akan melihat pemandangan khas para pedagang yang lebih di dominasi oleh perempuan dengan tutup kepala yang disebut dengan Tanggui.

Para pedagang tersebut menjual berbagai macam barang dagangan hasil bumi. Selain itu keunikan lainnya adalah di Pasar terapung ini masih berlaku sistem barter, jadi uang bukanlah alat tukar utama untuk melakukan transaksi di pasar apung ini.

Akses Menuju Lokasi

Ada 2 alternatif cara untuk mencapai lokasi pasar terapung Lok Baintan ini, yakni:

1. Alternatif Pertama Yakni via Sungai.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Dengan menggunakan klotok (perahu motor) di sekitar Sungai Martapura. Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Banjarmasin yang merupakan ibukota Provinsi Kalimatan Selatan menggunakan klotok, waktu tempuhnya yakni sekitar 30 menit perjalanan saja.

Dermaga kayu sederhana di pinggiran Kota Banjarmasin yang dapat mengantarkan Anda menuju ke lokasi, salah satunya adalah Dermaga Masjid Sungai gardu yang berlkasi di Jalan Veteran.

Waktu keberangkatan yang paling tepat adalah pagi hari sekitar jam 05.00 WITA, mengingat kegiatan pasar sudah mulai ramai sekitar pukul 05.00-05.30. Selanjutnya Anda akan dibawa menyusuri sungai yang membelah Kota Banjarmasin ke arah hulu sungai.

2. Via daratan,

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Untuk menuju ke lokasi pasar terapung Lok Baintan adalah dengan menggunakan kendaraan bermotor, baik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Jika pengunjung hendak menggunakan kendaraan umum, dapat memulai perjalanan dari terminal induk Banjarmasin yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani dan naik jurusan Sungai Tabuk. Waktu tempuhnya yakni sekitar 1 jam perjalanan dengan kondisi jalan yang bervariatif. Di beberapa titiknya masih terdapat jalanan yang berlubang namun tidak terlalu menghambat laju kendaraan

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *